News

5 Jalur Sepeda di Yogyakarta, Bisa Sambil Wisata dan Susur Kampung

24 Januari 2021 18:19:22 / / Hits : 85 / Posted by Administrator

5 Jalur Sepeda di Yogyakarta, Bisa Sambil Wisata dan Susur Kampung

5 Jalur Sepeda di Yogyakarta, Bisa Sambil Wisata dan Susur Kampung

Kompas.com - 28/09/2020, 10:34 WIB BAGIKAN: Komentar 1 Lihat Foto Makam Taman Wijaya Brata
(https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/) Penulis Kahfi Dirga Cahya | Editor Kahfi Dirga Cahya

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Yogyakarta, DIY, menyiapkan lima jalur sepeda melewati perkampungan. Dilansir dari Antara, lima jalur ini siap memanjakan wisatawan yang hobi bersepeda sambil berwisata. Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta mengungkapkan, jalur sepeda ini dibuat lantaran kegiatan bersepeda sudah menjadi ikon baru atau gaya hidup baru masyarakat. "Makanya, kami siapkan jalur sepeda melewati perkampungan yang pastinya akan menarik minat wisatawan untuk datang," kata Haryadi, Jumat (25/9/2020).

1. Jalur Romansa Kota Lawas Haryadi bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta dan pejabat instansi lain berkesempatan menjajal salah satu jalur sepeda yang bertema "Romansa Kota Lawas". Jalur tersebut memiliki panjang 13,33 kilometer, yaitu dari Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta di Kotabaru menyusuri Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sajiono, Jalan Juandi, Jalan Ipda Tut Harsono, Jalan Kusumanegara menuju kawasan Kotagede, dan berakhir di Bendung Lepen Giwangan. Di sepanjang jalur tersebut, wisatawan dapat menikmati suasana heritage Kotabaru, Masjid Perak Kotagede, menikmati kuliner di Lapangan Karang, Masjid Besar Mataram, Taman Gajah Wong, dan menikmati kesegaran alam di Bendung Lepen. "Saya kira jalurnya cukup aman dan menyenangkan untuk disusuri. Bahkan banyak hal baru yang bisa dinikmati, ternyata ada beberapa yang sama sekali belum tahu potensi yang ada di kampung-kampung," katanya. 

2. Jalur Tilik Jeron Beteng Ada juga rute dengan tema "Tilik Jeron Beteng" sepanjang 8,68 kilometer. Rute ini diawali dari Pasar Pakuncen, Kampung Ketanggungan, Sindurejan, Suryodiningratan, Magangan, dan berakhir di Plaza Pasar Ngasem. Di sepanjang rute tersebut, wisatawan bisa menikmati sajian kuliner di Pasar Condronegaran dan Pasar Ngasem. Baca juga: 10 Air Terjun di Yogyakarta yang Segar dan Wajib Dikunjungi

3. Jalur Susur Kampung Rute ketiga yang disiapkan adalah menyusuri kampung-kampung di tepi sungai sepanjang 6,55 kilometer. Kampung yang akan dilewati adalah Kampung Wisata Becak Maju, kampung di sekitar Museum Pangeran Diponegoro, Karangwaru Riverside, dan Kampung Jetis yang dikenal dengan Taman Robin.

4. Jalur Makam Wijayabrata Rute keempat yang disiapkan adalah jajah kampung sepanjang 6,53 kilometer. Adapun rute ini diawali dari Museum TNI menuju Jalan Cik Di Tiro, Jalan Sagan, Embung Langensari, Taman Bakung, dan finis di Makam Wijayabrata. Baca juga: Indahnya Suasana Malam di Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta Lihat Foto Anak-anak mempelajari proses pembuatan susu di Wahana Jejak Nutrisi, Taman Pintar, Yogyakarta(SGM Eksplor)

5. Jalur Taman Pintar Sementara itu, rute kelima berada di sekitar Taman Pintar sepanjang 6,17 kilometer, yaitu dari Taman Pintar menuju Jalan Sultan Agung, Jalan Brigjen Katamso, Sidokabul, dan berakhir di Taman Pintar Dua yang berada di Jalan Tegalturi. "Keberadaan jalur-jalur sepeda untuk meningkatkan wisata ini diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat," katanya.

Namun demikian, Haryadi mengingatkan bahwa setiap pesepeda harus mematuhi seluruh protokol kesehatan dan mematuhi rambu lalu lintas. "Pada awalnya, memang ada lima jalur sepeda yang disiapkan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk terus menambahnya atau menggabungkan jalur-jalur yang memang berdekatan," katanya. Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan siap menambah papan petunjuk untuk rute jalur sepeda wisata. "Saya kira, jalur yang dilalui cukup layak dan aman sehingga wisatawan bisa menikmati kehidupan kampung di Yogyakarta," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Jalur Sepeda di Yogyakarta, Bisa Sambil Wisata dan Susur Kampung", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2020/09/28/103400127/5-jalur-sepeda-di-yogyakarta-bisa-sambil-wisata-dan-susur-kampung?page=all.
Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor : Kahfi Dirga Cahya

Tags : paket sepedaan yogyakarta kaliurang sport, cycling sport tourism, jalur wisata sepeda di yogyakarta, wisata sepeda di yogyakarta



Berita Lainnya :


Tour Package

Contact Us

BOROBUDUR SUNRISE TOURS

PT. BOROBUDUR DESTINASI UTAMA TOUR AND TRAVEL

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

 Email :

 

borobudursunrise.net@gmail.com or eko.wijoyanto@gmail.com

 

ONLINE SUPPORTS :
WE ACCEPT

Exchange Rate :

Promo

Jadwal Sendratari Rorojonggrang Prambanan
Jadwal Ramayana Ballet Prambanan
Jeep Lava Tour Merapi
Dieng Golden Sunrise via Sikunir Hill
Jomblang Vertical Cave Yogyakarta
Paket Wisata Gua Pindul Yogyakarta Sehari
Trekking Merapi Summit
Timang Beach
YOGYAKARTA BIKING PACKAGE
Merapi Soft Trekking
Progo River Rafting
SEWA MOBIL AVANSA
The Legend of Roro Jonggrang Ballet Prambanan
NICE BOROBUDUR SUNSET TOUR
Experience with our free app
Experience with our free app

Info Tour

Hotel

Lates News

Rent Car

Statistic

User Online:5
Total Hits:5491942
Total Visitor:1926416
Flag Counter

Contact Us

Jl. Temulawak, RT 01/RW 04 No 40 Nologaten, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

Phone
+62 274 485672

Mobile
+628112640967

WhatsApp
+628112640967

Telegram
+628112640967

Line
borobudursunrise

Email
borobudursunrise.net@gmail.com, eko.wijoyanto@gmail.com

Bankers

BANK MANDIRI
1370014216929
PT. BOROBUDUR DESTINASI UTAMA

Transfer Wise
https://transferwise.com/
https://transferwise.com/

Pay Pal
https://www.paypal.me/borobudursunrisetour
https://www.paypal.me/borobudursunrisetour

Promo